Syaiful M Maghsri :: Motivator Spiritual | Konsultan Cara Kaya | Cara Sukses| Mengatasi Masalah

Home artikel populer 5 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Punya Hutang

Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Mau Tahu Cara Mengatur Keuangan Pribadi?

Cara Mengatur Keuangan Pribadi  bagi sebagian orang merupakan hal yang mudah di katakan namun sulit dilakukan. Mengapa, Karena dunia keuangan adalah hal yang sangat agresif perubahannya. Apalagi uang bisa dengan cepat merubah hati dan pikiran seseorang dan sangat mudah mempengaruhi keinginan duniawinya. Untuk itu Cara Mengatur Keuangan Pribadi sangat penting di pahami agar uang yang kita miliki bisa berkembang dan terkendali sehingga kita tidak memiliki hutang.

Memang sulit ketika kita punya keinginan yang berkaitan dengan materi. Apalagi jaman ini segala-sesuatu dinilai dengan uang. Godaan untuk memiliki sesuatu yang pastinya membuat kita mau tidak mau mengeluarkan uang akan selalu ada. Bahkan ketika uang tidak mencukupi, penawaran hutang pun ada dimana mana dengan persyaratan yang dibilang ringan.

Akibatnya kalau kita tidak bisa mengendalikan diri dalam hal keuangan dan tidak mampu memanage keuangan dengan benar sangat mudah terjerumus ke hutang. Berikut ini ada 5 cara mengatur keuangan pribadi yang bisa Anda praktekkan agar Anda terhindar dari hutang yang menyulitkan.

5 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Agar Tidak Terjerumus Hutang

1. Sisihkan minimal 10 persen dari penghasilan anda tiap bulan untuk ditabung dan 20% untuk investasi.

Berapapun Pendapatan Anda, Sebaiknya Anda menyisihkan untuk menabung minimal 10% dari pendapatan dan 20% untuk investasi baru selebihnya untuk konsumsi. Investasi 20% bisa Anda wujudkan dalam bentuk asuransi, atau mungkin cicilan rumah atau kendaraan yang semuanya menunjang aktivitas Anda dan bila perlu ivestasi tersebut dimaksudkan untuk membuat pendapatan Anda bertambah. Jadi investasi membuat Anda mendapatkan penghasilan bukan menambah biaya.

2. Buatlah daftar urutan pengeluaran bulanan

Daftar pengeluaran bulanan sangat penting agar Anda tidak membelanjakan uang Anda untuk hal yang tidak perlu. Urutkan sesuai tanggal kapan Dana itu akan dikeluarkan.

3. Isilah pos belanja Anda sesuai nominal yang yang dianggarkan.

Setelah Anda memperoleh penghasilan, apabila telah dikurangi untuk tabungan dan investasi, buatlah pos pos pengeluaran dengan menyediakan Amplop sesuai jumlah pos pengeluaran Anda.

Tulislah nama-nama pos pengeluaran dan jumlah uang yang Anda Anggarkan pada bagian depan Amplop dan isikan nominalnya sesuai yang tertulis di Amlop. Misalnya Anda memiliki pos pengeluaran untuk tagihan kartu kredit, uang saku anak, tagihan motor, tagihan listrik, belanja gas, bayar sekolah anak, dana sosial, belanja bulanan, dll. Semua harus masuk pada amplop masing-masing bila perlu lebih detail misalnya untuk belanja bulanan, Anda pisahkan Amplop Beras, Amplop Minyak Goreng, Amplop kebutuhan mandi, amplop bedak dan kosmetik dan lain sebagainya.

Dengan Anda berdisiplin hidup Anda akan lebih teratur. Dan apabila ada pos yang tidak Anda belanjakan semua di bulan itu, Anda masukkan ke tabungan atau Anda alokasikan untuk membeli peralatan atau perabotan untuk mengganti perabotan yang sudah tidak layak paki lagi.

4. Jika mendapatkan bonus pergunakan maksimal 50 persen dan sisanya ditabung.

Mungkin ini sulit dan kelihatannya berlebihan tapi ini adalah cara cerdas agar Anda bisa terhindar dari hutang. Ketika kebanyakan orang mendapatkan bonus untuk bersenang-senang tapi Anda yang cerdas sebaiknya gunakan bonus untuk bersenang-senang setengahnya saja dan setengahnya dimasukkan tabungan, atau bagi Anda wanita cerdas, belanjakan bonus Anda untuk menambah koleksi perhiasan emas Anda jadi Anda juga bisa bersenang-senang tapi juga menabung.

Bagi Anda kaum Bapak belikanlah puri Anda cincin emas baru, gelang emas, atau belikan putra Anda Hand phon baru dari bonus Anda, pastinya Anda juga menambahkan kebahagiaan buat keluarga.

5. THR atau gaji ke 13 sebaiknya digunakan untuk menambah tabungan bukan sebaliknya, yaitu digunakan untuk keperluan yang tidak mendesak.

Kebanyakan orang beranggapan THR atau Gaji 13 adalah gaji Ekstra, karena Anda juga masih terima gaji bulanan, apabila kebutuhan sehari-hari Anda sudah cukup dibiayai dengan gaji bulanan, kenapa Anda mesti menghamburkan uang lagi? Gunakanlah THR atau gaji 13 Anda untuk menambah tabungan sehingga tabungan semakin bertambah dan rencana-rencana besar Anda lebih cepat terwujud.

*******

Apakah Anda sudah mempraktekkan 5 Cara Mengatur Keuangan Pribadi seperti yang di jabarkan diatas? bagaimana hasilnya? Semoga 5 cara diatas bermanfaat dan memberikan Anda inspirasi untuk lebih baik dan bijak dalam menggunakan uang Anda. DAn semoga dengan cara-cara mengatur keuangan pribadi seperti diatas menjadikan Anda bebas hutang.

Namun apabila Anda sudah mempraktekkan cara mengelola keuangan pribadi seperti diatas namun keuangan anda tetap bermasalah. Atau bahkan Anda juga punya hutang, maka Anda perlu belajar bagaimana mengelola keuangan dengan lebih baik lagi. Yaitu mengelola keuangan dengan menggunakan pendekatan spiritual. Ingin tahu caranya?

Untuk bisa mengelola keuangan pribadi dengan bijak sehingga Anda bisa mendapat kebahagiaan dari uang yang Anda miliki. Sehingga kebutuhan tercukupi dan keinginan dan harapan terwujud harus memiliki keselaran hati dan pikiran. Anda juga harus memiliki tujuan hidup yang jelas. Bisa fokus pada harapan besar dalam hidup Anda. Bahkan Ketika Anda sudah terlanjur memiliki hutang akibat pengelolaan keuangan yang salah,  Anda tetap bisa memperbaiknya. Bahkan bisa merubah hutang menjadi sumber rezeki. Yaitu dengan ikut program pelatihan Zona Kaya Di Bioenergi Center. Untuk Informasi program pelatihan Zona Kaya silakan klik>> Cara Sukses dan Kaya dengan Memasuki 360 Pintu Kekayaan

Bagikan:

Artikel Terbaru

Bioenergi Adjustment Syaiful Maghsri

Bioenergi Adjustment - Seperti yang kita ketahui, otak merupakan pusat pengendali tubuh. Melalui otak juga, kita bisa merancang dan merencanakan kehidupan....