Syaiful M Maghsri :: Motivator Spiritual | Konsultan Cara Kaya | Cara Sukses| Mengatasi Masalah

Home artikel solusi Cara Mengatasi Masalah Hidup Dengan Ilmu Iklas

Cara Mengatasi Masalah Hidup

Dalam kehidupan, kita pasti ada hal yang paling berharga dan bernilai. Dan apabila sesuatu yang bernilai itu hilang kita akan sulit menerimanya. Terlebih apabila kita merasa kita sulit dan penuh perjuangan untuk mendapatkannya. Entah itu harta benda, jabatan, kesuksesan, prestasi, atau kasih sayang dan cinta, maupun hal yang keberadaannya membuat kita bahagia. Ketika Allah mengambil apa-apa yang kita anggap berharga, tentu akan menjadi masalah dalam hidup kita. Bisa jadi kita juga sulit mengiklaskannya. Bagaimana agar kita bisa iklas menerima dan mampu menghadapi itu semua? Untuk itu kita perlu belajar tentang cara mengatasi masalah hidup dengan ilmu iklas sebagai cara spiritual dengan memahami apa itu iklas? agar menjadi solusi dari setiap masalah yang ada.

Untuk itu kita terlebih dahulu harus paham apa itu iklas sebagai cara mengatasi masalah hidup kita. Makna ikhlas yang paling sederhana yaitu pada surat al-Ikhlas yaitu melakukan sesuatu tanpa mengharapkan sesuatu yang lain. Dalam hal ini melakukan sesuatu semata-mata hanya karena Allah Swt. ikhlas merupakan satu dari sekian banyak kosa kata yang begitu mudahnya diucapkan, bahkan kata ini begitu sangat sering kita dengar atau bahkan ita ucapkan. Padahal, substansi ikhlas belum tentu semudah apa yang diucapkan, banyak diantara kita yang belum mampu menerjemahkan apa substansi ikhlas itu sendiri.

Ikhlas yang lahir dari hati dan diterjemahkan dalam sebuah praktik akan menimbulkan banyak akibat, tertentu, dalam hal ini akibat yang baik. Salah satunya adalah ketulusan dan kelapangan jiwa dalam menjalani segala sesuatu yang ada dalam kehidupan ini. Manis atau bahkan pahit sekalipun jika dilandasi oleh sifat ikhlas, maka tidak akan berpengaruh buruk terhadap kondisi kehidupan manusia.

Iklas menurut berbagai pandangan adalah sebagai berikut:

Cara Mengatasi Masalah Hidup

Seperti dilansir dari islami.co, dijelaskan tentang Bagaimana ikhlas di dalam al-Qur’an sebagai berikut:

Kata ikhlas berasal dari kata خلص yang dalam Mu’jam Maqayis al-Lughah karya Ibnu Faris diartikan dengan mengosongkan sesuatu dan membersihkannya. Kata ikhlas merupakan masdar dari kata آخلص yang berarti murni, bersih, jernih, selamat, memisahkan diri, dan pembersihan sesuatu.

1. Makna Iklas di dalam Al-qur’an

Adapun makna kata Ikhlas di dalam al-Quran setidaknya dapat dikategorikan dalam lima macam, sebagai berikut :

Pertama, ikhlas bermakna al-ishthifaa’ (pilihan)

Sebagaimana firman-Nya :

إِنَّا أَخْلَصْنَاهُمْ بِخَالِصَةٍ ذِكْرَى الدَّارِ

Artinya : Sesungguhnya Kami telah menyucikan mereka dengan (menganugerahkan kepada mereka) akhlak yang tinggi, yaitu selalu mengingatkan (manusia) kepada negeri akhirat. (Q.S. Shaad : 46).

Inti dari ayat di atas menurut Ibn al-Jauzi yaitu Allah Swt telah memilih mereka dan menjadikannya sebagai orang-orang yang suci.

Kedua, ikhlas bermakna al-khuluus min as-syawaa’ib (suci dari segala macam kotoran).

Sebagaimana firman-Nya :

وَإِنَّ لَكُمْ فِي الأنْعَامِ لَعِبْرَةً نُسْقِيكُمْ مِمَّا فِي بُطُونِهِ مِنْ بَيْنِ فَرْثٍ وَدَمٍ لَبَنًا خَالِصًا سَائِغًا لِلشَّارِبِينَ

Artinya: Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum dari pada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara tahi dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya. (Q.S. an-Nahl : 66).

Dalam Ayat tersebut membicarakan tentang susu bersih yang berada di perut binatang ternak, meskipun pada mulanya bercampur dengan darah dan kotoran. Namun susu tersebut tetap bersih, murni, serta dapat dikonsumsi bagi orang-orang yang menginginkannya.

Ketiga, ikhlas berarti al-ikhtishaash (kekhususan).

Sebagaimana firman-Nya :

قُلْ إِنْ كَانَتْ لَكُمُ الدَّارُ الآخِرَةُ عِنْدَ اللَّهِ خَالِصَةً مِنْ دُونِ النَّاسِ فَتَمَنَّوُا الْمَوْتَ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ

Artinya: Katakanlah: “Jika kamu (menganggap bahwa) kampung akhirat (surga) itu khusus untukmu di sisi Allah, bukan untuk orang lain, maka inginilah kematian (mu), jika kamu memang benar. (Q.S. al-Baqarah : 94).

Ayat di atas menurut Quraish Shihab yaitu kalian menganggap bahwa Allah SWT akan memberi kekhususan pada kalian di antara manusia-manusia lain dengan kenikmatan surga setelah mati. Jika kalian benar-benar mengimani apa yang kalian katakan itu, jadikanlah kematian sebagai sesuatu yang kalian inginkan. Mintalah kematian, agar nikmat yang kalian kira ini akan segera datang.

Keempat, ikhlas berarti at-tauhid (mengesakan).

Sebagaimana firman-Nya :

قُلْ أَمَرَ رَبِّي بِالْقِسْطِ ۖ وَأَقِيمُوا وُجُوهَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَادْعُوهُ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ ۚ كَمَا بَدَأَكُمْ تَعُودُونَ

Artinya: Katakanlah: “Tuhanku menyuruh menjalankan keadilan”. Dan (katakanlah): “Luruskanlah muka (diri)mu di setiap sembahyang dan sembahlah Allah dengan mengikhlaskan ketaatanmu kepada-Nya. Sebagaimana Dia telah menciptakan kamu pada permulaan (demikian pulalah kamu akan kembali kepada-Nya)”. (Q.S Al-A’raf: 29).

Makna ikhlas pada ayat di atas adalah perintah untuk selalu mengesakan Allah SWT dalam beragama, yakni dalam beribadah, berdo’a dan dalam perbuatan taat lainnya harus dikerjakan semata-mata karena Allah SWT; bukan karena yang lainnya.

Kelima, ikhlas berarti at-tathhir (pensucian).

Sebagaimana firman-Nya:

إِلا عِبَادَكَ مِنْهُمُ الْمُخْلَصِينَ

Artinya: kecuali hamba-hamba Engkau yang ikhlas di antara mereka. (Q.S Al-Hijr: 40)

Ayat di atas ditujukan kepada orang-orang yang hatinya telah disucikan oleh Allah SWT dari segala noda dan dosa sehingga mereka menjadi hamba Allah Swt yang bersih dan kekasih pilihan-Nya.

2. Makna Iklas Dari Beberapa ulama & tokoh Terkemuka

Adapun makna ikhlas dari beberapa ulama dan tokoh terkemuka di dunia sebagaimana dilansir dari buku iklas tanpa batas, antara lain:

1. Iklas Menurut Imam al Nawawi al Dimasyqi

Beliau mengurai makna ikhlas sebagai sebuah kunci dalam meraih hakikat kehidupan ini. Imam yang wafat pada tahun 676 Hirriyah ini membuat perumpamaan yang sangat indah tentang arti sebuah keikhlasan, di mana sebuah perbuatan akan mejadi berarti ketika dibungkus dengan keikhlasan, demikian juga sebaaliknya, pebuatan akan mejadi tak berarti ketika tak memiliki bungkus yang mapan berupa pondasi ikhlas.

Banyak perbuatan biasa menjadi bernilai karena terbungkus dalam niat yang bagus. Sebagaimana banyak kewajiban mnjadi tak bermakna lantaran niatnya yang tak lurus. Ketulusan membuat hidup semua tindakan (Hal. 34). Ini yang dimaksud pondasi dari berhasil tidaknya manusia meraih hakikat kehidupan. Niat dan ketulusanlah yang kelak akan menjadi juru kuncinya.

2. Iklas menurut Imam al Ghazali,

Cara Mengatasi Masalah Hidup

Tokoh tasawwuf ini menitik beratkan roh ikhlas tersebut pada kebaikan niat. Niat menjadi roh utama yang bisa mendesain lahirnya sifat ikhlas. Dengan demikian, menjadi penting setiap manusia untuk selalu meluruskan niat dalam setiap tingkah laku atau perbuatan sehari hari.

Salah satu tanda cerdasnya jiwa adalah kaya niat baik senantiasa. Orang yang cerdas jiwanya, melakukan sesuatu perbuatan bukan karena diperintah orang atau ingin bereaksi atas suatu situasi, melainkan karena niat baik yang melimpah dalam hati.

3. Iklas Menurut Hamka

Menurut Buya Hamka, Ikhlas adalah bersih dan tidak adanya campur tangan suatu apapun.

4. Iklas menurut Abu Thalib al-Makki,

Makna Ikhlas adalah pemurnian agama dari hawa nafsu dan perilaku menyimpang, pemurnian amal dari bermacam-macam penyakit dan noda yang tersembunyi, pemurnian ucapan dari kata-kata yang tidak berguna, dan pemurnian budi pekerti dengan mengikuti apa yang dikehenaki oleh Allah SWT.

Secara garis besar perspeksif ilmu iklas dalam kehidupan manusia, menjelaskan bahwa
Iklas merupakan niat baik, tulus dan kepasrahan disertai dengan usaha maksimal dalam meraih sesu7atu atau menyelesaikan sesuatu. Diantara tanda punya niat baik dalam melaksanakan suatu pekerjaan adalah tidak malas, panik, atau putus asa tatkala menemui kesulitan atau ken dala. Orang yang baik niatnya, pada kenyataan tak gampang rnenyerah, dan kepada Allah senantiasa berserah. Inilah letak dan posisi iklas yang sesungguhnya. Ikhlas yang betul betul tanpa batas yang mampu mencadi cara mengatasi masalah hidup dari sisi yang berbeda.

Ada beberapa hal yang harus kita lakukan agar keiklasan itu menjadi salah satu cara mengatasi masalah hidup kita dengan baik, yaitu:

  • Bersyukur

Banyak-banyaklah bersyukur, jangan berputus asa atas nikmatNya. Ingatlah bahwa nikmat yang diberikan Allah pada kita lebih banyak daripada derita yang kita alami. Syukuri apa yang masih ada pada diri kita seperti kesehatan, teman, keluarga dan harta (meskipun sedikit/kurang) karena masih ada yang lebih kurang dari yang kita punya. So, be gratefull!

  • Merubah pola pikir.

Berpikirlah bahwa hidup kita ini hanya sementara dan harus dijalani dengan penuh arti. Dan ingat segala sesuatu pasti ada hikmahnya. Nggak peduli berapapun umur yang kita punyai, yang pasti kita harus menjadi orang yang bermanfaat bagi sekitar kita.

  • Menyadari titipan.

Berhubungan dengan yang kedua. Jika kita sadar bahwa semua itu sementara, kita juga akan menyadari bahwa semua yang ada pada diri kita adalah titipan. Harta, keluarga dan jabatan hanyalah amanah dari Tuhan. Jadi mesti kita jaga amanah itu dengan sebaik-baiknya. Tuhan menyukai mereka-mereka yang mencintai amanahnya, bukan harta atau jabatannya.

  • Membesarkan hati.

Hibur diri kita sendiri dengan sesuatu yang baik. Katakan pada diri kita sendiri, sesuatu yang bisa membangkitkan semangat dan motivasi diri. Misalnya, “Ah, pasti ada yang lebih besar menanti di depan sana,” dan yakinlah bahwa “setiap masalah pasti ada jalan keluarnya”  dan lain-lain. Setidaknya akan, bisa memberikan semangat untuk menjalani hidup selanjutnya.

Cara Mengatasi Masalah Hidup Dengan Pendekatan Spiritual

Cara Mengatasi Masalah Hidup

Masalah dalam kehidupan manusia akan menjadi jalan yang nenentukan nilai kemanusiaan kita dihadapan Allah SWT. Disamping cara menggunakan teknis, menyelesiakan masalah juga perlu melibatkan sisi spiritual. Karena masalah dalam hidup bisa terjadi tidak hanya disebabkan oleh masalah kesalahan dalam tindakan fisik namun juga akibat kekacauan energi. Oleh karena itu dalam mencari cara mengatasi masalah hidup tidak ada salahnya kita melibatkan sisi spiritual. Yaitu dengan menyandarkan diri pada sang pemilik energi tunggal, Allah SWT. Adapun cara agar kita terhubung dengan pemilik energi tunggal diantaranya kita harus meningkatkan kulaitas energi spiritual kita.

Pendekatan spiritual dalam mengatasi masalah hidup memerlukan energi spiritual yang tinggi atau setidaknya selaras dengan energi dari permasalahan yang Anda hadapi. Untuk memastikan kulaitas energi spiritual yang Anda miliki serta meningkatkannya Anda bisa konsultasikan kepada seorang konsultan atau guru spiritual yang tepat. Yang mampu memberikan Anda solusi dari masalah yang Anda hadapi dengan pendekatan spiritual. Baik dengan amalan, doa, atau dengan cara spiritual lain seperti Bioenergi Adjustment di Bioenergi Center.

*******

Cara spiritual yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi masalah hidup juga bisa dipelajari melalui program pelatihan. Dimana dalam pelatihan diajarkan cara, strategi dan juga solusi masalah hidup. Seperti yang diajarkan dalam program pelatihan Zona Kaya, Gemblengan Ilmu Metafisik, Quantum Bioenergi dan berbagai program pelatihan lain di Bioenergi Center. Melalui program pelatihan Bioenergi Anda juga bisa mendapatkan proses spiritual yang bermanfaat untuk membersihkan energi negatif, penyesuaian energi dan peningkatan kualitas energi termasuk peningkatan energi spiritual. Dimana dengan peningkatan energi spiriual  yang Anda alami akan membuat Anda lebih mudah mengatasi masalah dan mewujudkan harapan keinginan dalam hidup.

Jika saat ini Anda sedang mencari Cara Mengatasi Masalah Hidup yang praktis dan mudah, segera hubungi dan konsultasikan kepada kami melalui : 081 827 8880 (Bpk. Agus), 0853 2727 1999 (Ibu Eny), (0274) 412 446.

Dapatkan Cara Mengatasi Masalah Hidup & Konsultasikan masalah hidup Anda kepada guru spiritual dan konsultan solusi Bp. Syaiful M. Maghsri.

Dan dapatkan solusinya melaui program Pelatihan, atau Produk Solusi dari Bioenergi Center.

Bagikan:

Artikel Terbaru

Konsultasi Masalah Penyakit

Apakah saat ini Anda sedang menderita suatu penyakit? Seperti: Diabetes Melitus, Hipertensi, Stroke, Hepatitis, Gagal Ginjal, Jantung Koroner, Maag Kronis, Asam...