Syaiful M Maghsri :: Motivator Spiritual | Konsultan Cara Kaya | Cara Sukses| Mengatasi Masalah

Home artikel populer 5 Kunci Sederhana Untuk bahagia & Mengubah Hidup Anda

Kunci Sederhana Untuk Bahagia

 

Hampir semua yang hidup di dunia ini apapun profesi, pekerjaan, kedudukan, jabatan dan dari latar belakang pendidikan serta agama apapun mencari apa yang dikatakan sebagai kebahagiaan. Kebahagiaan tidak bisa disamakan ukuran serta bentuk dan wujudnya bagi setiap orang karena makna bahagia pada setiap orang berbeda-beda. Untuk mendapatkan kebahagiaannya terkadang seseorang rela mengorbankan apapun namun terkadang kebahagiaan justru bisa didapatkan  melalui kunci sederhana untuk bahagia ada dalam diri yang terlupakan.

Ketika kita melihat simbul-simbul kebahagiaan maka banyak pemikiran yang kemudian muncul. Namun sesungguhnya untuk menemukan kebahagiaan justru kita butuh perenungan untuk mendapatkan pemahaman apa makna bahagia yang sesungguhnya.

Ada buku yang sangat terkenal yang berjudul “Si Cacing dan Kotoran Kesenangannya” karya Ajahn Brahm yang bergambar cacing dalam sebuah kotoran sapi yang ternyata isinya sangat menginspirasi. Banyak pelajaran dari peristiwa-peristiwa hidup penulisnya yang seorang brahmana melalui perjalanan selama 35 tahun. Diantara hikmah yang bisa kita ambil adalah sebuah pelajaran kebijaksanaan untuk menemukan kebahagiaan hidup.

Kita terlalu fokus mencari hal-hal yang bisa membahagiakan diri sendiri dari luar hingga mengaburkan hal-hal dasar dari dalam diri yang justru disanalah letak bahagia yang sebenarnya. Adapun kunci sederhana untuk kebahagiaan hidup kita ternyata ada disekitar kita. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Bebaskan Hati Anda Dari Kebencian

Pekerjaan paling sia-sia dan hanya membuat hidup jadi susah sendiri adalah ketika kita memelihara kebencian di dalam hati. Susah, kalau melihat orang lain senang. Senang, kalau melihat orang lain susah. Bahkan yang parahnya, berusaha bagaimana orang lain menjadi menderita. Hati yang selalu diliputi kebencian, akan selalu membelenggu cahaya kebahagiaan yang ada di hati. Coba saja lepaskan kebencian pada orang lain. Saya yakin, Anda akan hidup lebih tenang.

2. Bebaskan Pikiran Anda Dari Kekhawatiran

Well, kebanyakan dari kita bukan peramal bukan. Dan kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi esok hari. Jadi, untuk apa memelihara kekhawatiran yang berlebihan. Ngomong-ngomong, kalau Anda terlalu khawatir dengan masa depan, sama artinya Anda tidak percaya dengan Tuhan Anda. Bukankah Allah, sebaik-baiknya penuntun kehidupan. Dia Yang Maha Tahu atas misteri kehidupan. Cobalah berhenti mengkhawatirkan hari esok dan mulai memaksimalkan hari ini. Nikmati hidup Anda setiap harinya.

3. Hidup Sederhana

Saya teringat celetukan salah seorang teman yang di Jakarta. “Hidup di Jakarta itu tidak semahal yang dibayangkan. Yang mahal itu gaya hidupnya.”

Saya pikir ada benarnya juga. Kita terlalu sering berpikir ingin ini itu dan banyak hal lagi, yang justru membuat hidup kita tidak tenang. Terus berlari mengejar semuanya dan sering lupa untuk bersyukur atas apa yang sudah dimiliki. Padahal mungkin dari segi kebutuhan primer, semua sudah terpenuhi. Hidup lah sederhana dan temukan ketenangan. Tapi, hidup sederhana bukan berarti menjadi alasan untuk kita bermalas-malasan. Miliki kemapanan finansial, namun tetaplah sederhana dalam menjalani kehidupan.

4. Memberi Lebih Banyak

Kalau Anda sedang dirundung masalah atau kesedihan, cobalah luangkan sedikit apa yang Anda miliki dan berikan kepada orang lain. Senyuman mereka yang menerima atau bahkan doa mereka untuk Anda biasanya cukup efektif untuk membuat Anda tersenyum dan merasakan sedikit kebahagiaan. Berbagilah lebih banyak lagi dan nikmati keajaiban memberi.

5. Mengurangi Harapan

Seringkali hal-hal yang membuat kita tidak bahagia adalah ketika harapan yang kita miliki tidak tercapai. Makin tinggi kita berharap makin “ngenes” kalau lepas dan tidak tercapai. Bukan berarti tidak boleh memiliki impian yang tinggi. Justru kita harus punya impian sebagai goal atau arah kemana kita melangkah. Namun, jadilah pribadi yang fleksibel dan dinamis. Manakala yang kita inginkan tidak tercapai, mungkin Tuhan punya rencana yang lebih baik untuk kita.

Itu penjabaran 5 kunci sederhana untuk bahagia versi saya, dari gambar yang saya peroleh dari internet. Setiap orang, bisa memiliki interpretasinya masing-masing, bukan. Semoga yang sedikit ini bermanfaat.

Don’t worry, be happy… 🙂

Bagikan:

Artikel Terbaru

Konsultasi Masalah Rumah Tangga

Apakah saat ini Anda sedang mengalami Masalah Rumah Tangga dan sedang mencari solusi untuk masalah rumah tangga yang sedang Anda...