Syaiful M Maghsri :: Motivator Spiritual | Konsultan Cara Kaya | Cara Sukses| Mengatasi Masalah

Home Renungan 8 Perintah Saat Hari Jumat; Sebaiknya Kita Lakukan

8 Perintah Saat Hari Jumat - Syaiful Maghsri.com

Bagikan:

Hari Jumat memang sangat mulia. Kebaikan di hari ini akan mendapatkan pahala berlipat. Sedangkan doa yang diucapkan di hari ini, akan mudah dikabulkan. Nah, paling tidak ada 8 perintah saat hari Jumat yang sebaiknya kita lakukan untuk mendapatkan pahala berlipat. Apa saja 8 perintah itu?

8 Perintah Saat Hari Jumat

1)-Mandi dan Berwangi-wangian (Bagi Lelaki Saja).

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata: “Mandi pada hari Jumat itu wajib bagi setiap orang yang sudah baligh. Hendaklah dia menggosok gigi dan memakai wewangian jika mempunyainya.” (Shahih, al-Bukhari:880, Muslim:846). Mandi Jumat ini diwajibkan bagi setiap muslim pria yang telah baligh, tetapi tidak wajib bagi anak-anak, wanita, orang sakit dan musafir. 

Sedangkan waktunya adalah sebelum berangkat sholat Jumat. Adapun tata cara mandi Jumat ini seperti halnya mandi janabah biasa. Rasulullah bersabda yang artinya, “Barang siapa mandi Jumat seperti mandi janabah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

2)-Memperbanyak Shalawat Kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Sesungguhnya sebaik-baik hari ialah hari Jumaat, maka perbanyaklah shalawat ke atasku pada hari tersebut. Sesungguhnya shalawat kalian akan diperlihatkan kepadaku.” (Shahih, Abu Daud:1047, dishahihkan oleh al-Arnauth)

3)-Memperbanyak Berdoa Terutama Diakhir Waktu Ashar.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda : “Pada hari Jumat terdapat dua belas jam, pada waktu itu tidaklah seorang hamba Muslim memohon sesuatu kepada Allah melainkan Dia akan mengabulkannya. Oleh karena itu, carilah ia diakhir waktu setelah shalat ashar.” (Shahih Abu Daud: 1048, di shahihkan oleh al-Hakim, adz-Dzahabi, an-Nawawi dan al-Albani)

4)-Membaca Surah Al-Kahfi.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata: “Barangsiapa yang membaca surah al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumaat.” (Shahih, al-Hakim:3392, dishahihkan oleh al-Albani)

**

5)-Bersegera dengan Berjalan Kaki ke Masjid.

Kata Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat (seperti mandi janabah), kemudian bersegera dengan berjalan kaki, tidak menaiki kenderaan, dan mendatangi imam lalu mendengar (khutbah) dan tidak bermain-main, maka adalah baginya setiap langkah (bersamaan) amalan puasa dan sholat selama setahun.” (Shahih Sunan Abi Daud: 345, al-Albani menshahihkannya)

6)-Memenuhi Shaf Terdepan.

Kata Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Jika kalian atau mereka mengetahui apa yang terdapat dihadapan shaf paling depan, nescaya akan dilakukan undian. [untuk  mendapatkan shaf terdepan]” (Shahih, Muslim:439)

7)-Sholat Tahiyatul Masjid Apabila Tiba di Masjid, Walaupun Khatib Sedang Berkhutbah.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “ Jika salah seorang dari kalian tiba (di masjid) pada hari Jumat dan imam sedang berkhutbah, maka shalatlah dua rakaat dan ringkaskanlah shalat tersebut.” (Shahih, Muslim:875)

8)-Shalat Sunnah Setelah Sholat Jumat

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya, “Apabila kalian telah selesai mengerjakan sholat Jumat, maka sholatlah empat rakaat.” Amr menambahkan dalam riwayatnya dari jalan Ibnu Idris, bahwa Suhail berkata, “Apabila engkau tergesa-gesa karena sesuatu, maka shalatlah dua rakaat di masjid dan dua rakaat apabila engkau pulang.” (HR. Muslim, Tirmidzi)

Pikiran Tenang, Tentram di Hari Jumat

Kami sudah menyebutkan bahwa ada banyak kemuliaan di hari Jumat. Sehingga Anda sebaiknya melakukan sebanyak mungkin amal ibadah yang bisa Anda lakukan. Tapi sebelum itu, tentu saja baik mental maupun fisik Anda pun harus bisa mendukung ibadah di hari mulia ini. Bioenergi akan berpengaruh dalam tubuh Anda, membuat pikiran dan hati menjadi lebih tenang dan tentram. Fisik pun akan menjadi lebih bugar.

Tenangkan pikiran dan sehatkan badan Anda dengan Bioenergi. Ini adalah energi dari alam, energi kehidupan, energi spiritual yang akan membuat Anda menjadi lebih dekat dengan Allah. Anda hanya perlu tahu caranya memanfaatkan Bioenergi untuk memperbaiki kualitas hidup Anda. Ingat, ketika fisik dan mental Anda sehat, maka beribadah akan menjadi lebih menyenangkan. Segera ikuti pelatihan Bioenergi.

 

 

8 Perintah Saat Hari Jumat - Syaiful Maghsri.com

 

 

 

 

Artikel menarik yang bisa Anda baca selanjutnya:


Tuliskan ulasan Anda untuk artikel atau pengalaman Anda setelah mengikuti pelatihan atau bimbingan bersama Bapak Syaiful Maghsri

Bagikan:


kapsul solusi, solusi masalah, kapsul bioenergi

Artikel Terbaru

10 Cara Memotivasi Karyawan - Syaiful Maghsri.com

Salah satu kunci penting memotivasi karyawan adalah menghindari tindakan-tindakan yang mengubur semangat dan passion karyawan. Artinya, karyawan memang sudah...