Syaiful M Maghsri :: Motivator Spiritual | Konsultan Cara Kaya | Cara Sukses| Mengatasi Masalah

Home Syaiful M Maghsri Tips Menenangkan Diri Dari Stres dan Gangguan Lain

Tips Menenangkan Diri

Bagikan:

Stres meningkat dan Anda mulai merasa frustasi dengan situasi yang sedang dihadapi. Sesekali mungkin Anda juga merasa jengkel,  marah atau kesal. Mungkin juga Anda merasa sedih dan sepertinya ingin melarikan diri dari segalanya. Tapi, ada opsi lain yang lebih bijak. Anda tahu bahwa ada tips menenangkan diri dari stres atau gangguan lain yang dapat membuat saraf Anda tegang dan tidak rileks. Ya, sebelum lebih jauh dalam kebingungan, kemarahan dan merasa kewalahan, baiknya untuk lakukan tips berikut.

Tips Menenangkan Diri

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menenangkan diri, yakni;

Bernapas Dalam-Dalam

Ini bukan hanya sekedar napas, tapi ini bisa lebih dari itu. Memang sangat sederhana dan mudah tapi efeknya sangat luar biasa untuk menenangkan saraf. Cobalah untuk melakukan teknik bernapas dalam-dalam sebagai langkah awal sebelum melakukan tips lain untuk menenangkan pikiran.

Ambil napas dalam-dalam beberapa kali dan keluarkan secara perlahan. Jika Anda memiliki waktu dalam situasi yang membuat Anda stres, kami sarankan duduk selama 1-2 menit untuk melakukan ini. Hanya fokus pada udara yang perlahan masuk dan keluar. Tidak ada yang lain. Fokus saja.

Kemudian Pikirkan Konsekuensinya

Setelah mengambil napas, cobalah untuk memikirkan konsekuensi. Ya, jika berada dalam situasi di mana Anda bisa saja membalas apa yang baru saja dikatakan atau dilakukan seseorang, maka lanjutkan beberapa tarikan napas Anda dengan memikirkan konsekuensinya. Apa konsekuensi jika Anda membalas dengan kata-kata yang terlalu keras atau melakukan tindakan fisik. Apa juga yang terjadi jika Anda justru tenang dan membiarkannya.

Jika Anda memiliki pekerjaan yang terlalu banyak, pertimbangkan untuk meluangkan lebih banyak waktu untuk menenangkan diri – kapan saja antara 5 – 10 menit setiap Anda merasa tertekan. Anda bisa melakukannya sambil pergi ke luar ruangan, menikmati taman atau secangkir kopi.

Tips Menenangkan Diri: Bukan Hanya Karena Anda

Jika seorang atasan atau pelanggan memarahi Anda, mengatakan sesuatu secara kasar dan suara tinggi, jangan hanya fokus pada diri Anda. Mungkin saja memang Anda telah berbuat salah, tapi ada banyak penyebab seseorang ‘meledak-ledak’. Bisa saja hari ini dia mengalami hal buruk di perjalanan, ribut dengan pasangan di rumah, dapat panggilan telepon yang membuatnya semakin tertekan atau banyak lagi.

Dan ketika tiba berhadapan dengan Anda, semua dia lepaskan dan Anda merasa seolah itu semua karena Anda. Tidak, jangan terlalu fokus pada diri Anda sendiri. Seseorang bisa marah karena banyak hal dan hanya membutuhkan ‘trigger’ saja yang dapat memicunya untuk meledak. Jadi, tetap jangan terlalu menyalahkan diri Anda. 

Lakukan Dari Sedikit Langkah Kecil

Jika Anda merasa kewalahan dan stres karena pekerjaan yang tiada henti, maka jangan membuat kesalahan klasik dengan berpikir bahwa Anda harus melakukan semuanya sekaligus untuk mengatasi situasi ini.

Fokus saja untuk memulai dan mulailah dengan sedikit langkah kecil. Pada satu langkah kecil itu menandakan Anda telah menyelesaikan sedikit pekerjaan. Artinya, ada pekerjaan yang telah selesai. Itu seharusnya membuat Anda lebih bersemangat. Pekerjaan besar itu bisa menjadi pekerjaan kecil dan mudah jika dilakukan sedikit demi sedikit.

 

 

Tips Menenangkan Diri - Syaiful Maghsri.com

 

 

Artikel menarik lainnya yang sebaiknya Anda baca:


Tuliskan ulasan Anda untuk artikel atau pengalaman Anda setelah mengikuti pelatihan atau bimbingan bersama Bapak Syaiful Maghsri

Bagikan:


kapsul solusi, solusi masalah, kapsul bioenergi

Artikel Terbaru

10 Cara Memotivasi Karyawan - Syaiful Maghsri.com

Salah satu kunci penting memotivasi karyawan adalah menghindari tindakan-tindakan yang mengubur semangat dan passion karyawan. Artinya, karyawan memang sudah...